Tips Menjaga Kesehatan Anak Di Musim Pancaroba

Menjaga Kesehatan Anak Di Musim Pancaroba

Cuaca memang sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh, terutama pada anak-anak.  Musim pancaroba cendrung membuat anak sakit panas, flu, demam, dan batuk. Kondisi seperti ini membuat anda para orangtua perlu melakukan persiapan ekstra untuk memastikan kesehatan anak.

Tips Menjaga Kesehatan Anak Di Musim Pancaroba

Lantas bagaimana cara melindungi balita agar tidak mudah sakit saat musim pancaroba tiba…?

Berikut kami rangkumkan beberapa tips yang dapat bunda lakukan dalam menjaga kesehatan anak dimusim pancaroba.

  • Selalu menjaga kebersihan anak
    Menjaga kebersihan anak bukan berarti anak tidak boleh main dan dilarang keluar rumah. Bunda dapat membiasakan anak dengan memakai masker apabila keluar rumah, Namun menggunakan masker mungkin tidak mudah karena dirasa kurang nyaman dan membatasi aktivtas mereka.
  • Ajarkan balita untuk tidak menutup hidung dengan kedua tangan saat bersin
    Bunda dapat mengajarkan anak untuk menutup mulut dan hidung menggunakan tangan ketika bersin. Bunda dapat mengajarkan dan jangan sampai tangan menyentuh wajah, hindari menyentuh area mata, hidung dan mulut.

Apabila dimusim pancaroba anak sudah terkena flu atau pilek. Sebaiknya lakukan beberapa tips dibawah ini:

  1. Biasakan anak menggunakan masker
    Selain menjaga kebersihan tangan, masker juga dapat membantu menjaga penulran penyakit pada anak. Membiasakan sikecil menggunakan masker mungkin tidak mudah karena dirasakan kurang nyaman dan membatasi aktivitas meraka.
  2. Hindarkan berbagi peralatan makan
    Sumber perpindahan kuman dan bakteri ternyata juga dapat terjadi melalui peralatan makanan. Pertukaran alat makanan dapat menjadi media penularan penyakit pada anak.  untuk itu sebaiknya berbagi peralatan makanan diantara anggota keluarga.