Tips Menjaga Dan Merawat Kesehatan Anak Usia 2 Tahun

Menjaga kesehatan bayi atau balita merupakan kewajiban para orang tua. Apalagi anak usia 2 tahun yang sedang aktif-aktifnya. Anak pada usia ini sangat ingin bereksplorasi mulai dari merangkak sampai memasukan benda-benda ke dalam mulutnya. Hal ini membuat anak rentan terkena penyakit. Para orang tua perlu memperhatikan hal-hal di bawah ini untuk menjaga kesehatan anak

  1. Lakukan Imunisasi

Tips Menjaga Dan Merawat Kesehatan Anak Usia 2 Tahun

Imunisasi sangat penting dilakukan untuk bayi usia 12-18 bulan. Imunitas mampu melindungi bayi dari serangan bakteri dan virus yang rentan terjangkit pada bayi usia dini. Imunisasi yang wajib dilakukan adalah imunisasi polio, campak, HIB, PVC, DTP, Hepatitis A, dan thypus. Tujuannya untuk menjaga kekebalan tubuh bayi sehingga meminimalisir resiko bayi terkena penyakit tersebut. Imunisasi bisa dilakukan di puskesmas atau rumah sakit.

  1. Menjaga Makanan

Aktivitas anak yang tinggi perlu diimbangi dengan nutrisi gizi yang seimbang. Anak usia 2 tahun memiliki daya tahan tubuh yang rentan terhadap berbagai penyakit. Oleh karena itu asupan makanan perlu diperhatikan. Komposisi makanan harus mencakup kebutuhan zat tenaga dari lemak dan karbohidrat, zat pembangun yaitu protein, dan zat pengatur yaitu mineral dan vitamin. Variasi makanan juga penting dilakukan agar anak tidak menjadi pilih-pilih makanan.

  1. Minum Air

Asupan cairan sangat penting untuk menghindari anak dari dehidrasi. Cairan bisa didapatkan dari air putih, jus, susu, dan buah-buahan. Biasakan untuk memberi minum batita setelah makan dan 1 jam sekali. Untuk menghindari anak yang rewel tidak mau minum, anda bisa mengombinasikan air putih dan jus buah favorit anak anda. Susu juga bisa menjadi pelengkap dan sumber protein yang baik untuk anak.

  1. Selalu Cuci Tangan Dan Kaki

Menjaga kebersihan sangat penting dilakukan karena bayi pada usia ini sangat aktif memegang hal-hal baru. Beragam sumber penyakit dapat berasal dari tangan bayi yang kotor. Anak batita tanpa sadar akan sering memasukan benda atau tangan kedalam mulutnya. Untuk itu para ibu butuh perhatian ekstra untuk menjaga kebersihan tangan dan kaki para anak. Selalu sediakan tisu basah dan sabun untuk membersihkan tangan dan kaki.

  1. Istirahat Yang Cukup

Anak usia 1 sampai 2 tahun membutuhkan waktu tidur sebanyak 12 sampai 14 jam setiap harinya. Tidur yang cukup sangat penting untuk batita karena mampu menjaga metabolism tumbuh, menghindari dari penyakit, membantu pertumbuhan dan perkembangan anak, dan menjaga daya ingat anak. Perhatikan pola tidur anak anda. Anak dianjurkan untuk tidur dua kali sehari yaitu tidur siang sekitar dua jam dan tidur malam sekitar sepuluh jam.

  1. Jaga Kebersihan Gigi

Tips Menjaga Dan Merawat Kesehatan Anak Usia 2 Tahun

Kebersihan gigi dan mulut sangat penting dijaga. Mulut dan gigi yang kotor merupakan sumber penyakit dan timbunan bakteri. Rajin menggosok gigi juga dapat membantu menjaga kesehatan gigi dari karies dan karang gigi. Batita sudah dianjurkan menggosok gigi dua kali sehari yaitu di pagi hari dan sebelum tidur. Pilih sikat gigi khusus batita yang kecil dan lembut. Gunakan pasta gigi sesuai dengan jumlah yang dianjurkan. Jangan lupa untuk menyimpan sikat gigi ditempat yang kering dan bersih agar tidak berjamur dan penuh kuman.

  1. Awasi Aktivitas Anak

Anak yang aktif memang membuat anda senang. Tapi jangan kira anda bisa berleha-leha saat anak anda beraktivitas sehari-hari. Dukung dan biarkan anak anda mengeksplor dunianya. Anda perlu mengawasi anak anda dari hal-hal berbahaya misalnya benda tajam, bahaya setrum, dan tangga. Anda dapat mengatur ulang perabotan rumah agar anak anda tidak menjatuhkan atau tertimpa barang di rumah. Anda juga dapat menggunakan pelindung sudut tajam yang bisa dipasangkan disudut meja rumah.

  1. Cukupi Kebutuhan Vitamin

Jika anak anda sulit untuk makan buah dan sayur, anda perlu menambahkan konsumsi suplemen dalam diet anak anda. Suplemen yang dimaksud adalah tambahan vitamin untuk anak 1 tahun yang bagus. Vitamin yang sering dibutuhkan adalah vitamin A dan C. Suplemen vitamin dilakukan untuk menghindari kekurangan vitamin yang bisa berdampak pada tumbuh kembang anak. Pastikan untuk memilih vitamin khusus anak yang memiliki dosis ringan dan mudah untuk dikonsumsi.

  1. Rutin Periksa Ke Dokter

Tips Menjaga Dan Merawat Kesehatan Anak Usia 2 Tahun

Setiap orang tua pasti ingin hal yang terbaik untuk anaknya. Terkadang orang tua mendapat banyak saran dan masukkan dari kerabat dan saudara dekat mengenai cara merawat anakyang benar. Banyaknya informasi yang beredar tidak boleh ditelan mentah-mentah oleh orang tua. Oleh karena itu para orang tua dianjurkan untuk rutin memeriksa anaknya ke dokter. Hal ini perlu dilakukan untuk menjaga anak dari penyakit, dapat mendeteksi penyakit sejak dini, dan mengetahui secara pasti kebutuhan nutrisi anak.

  1. Ajak Berolahraga

Ajak anak anda untuk senantiasa beraktivitas. Bergerak seperti merangkak, berjalan, atau berlari sangat penting untuk pertumbuhan fisik dan perkembangan tubuh anak. Anda dapat mengajarkan anak untuk berolahraga setiap harinya setidaknya satu jam per hari. Olahraga yang dilakukan cukup ringan misalnya bermain bola bersama atau menari sesuai irama lagu. Selain menjaga aliran darah dan mengurangi resiko kegemukan pada anak, olahraga bersama juga sangat bagus untuk membentuk ikatan antara orang tua dan bayi. Anda juga bisa mencoba cara menjaga kesehatan anak yang paling sederhana.