Cara Menurunkan Panas Anak Dengan Bawang Merah

Cara Menurunkan Panas Anak Dengan Bawang Merah

Panas demam merupakan salah satu penyakit yang sering dialami oleh anak-anak yang sedang berusia dimasa-masa pertumbuhan. Demam bisa saja terjadi karena daya tahan tubuh anak yang menurun. Panas demam adalah sebuah gejala atau dalam bahasa medis disebut sebagai symptom yang disebabkan oleh penyakit tertenti. Seperti:

  1. Infeksi bakteri
  2. Infeksi virus
  3. efek samping imunisasi
  4. flu dan batuk
  5. demam bedarah

Berikut cara menurunkan panas anak dengan bawang merah.

Cara Menurunkan Panas Anak Dengan Bawang Merah

Bawang merah merupakan obat tradisional yang memiliki manfaat yang luar biasa dalam membantu mengatasi kesehatan anak. Berikut langkah dan caranya.

  1. Siapkan campuran bawang merah

    Hal yang pertama harus dilakukan sebagai cara menurunkan panas anak dengan bawang merah adalah membuat campuran bawang merah terlebih dahulu sebelum digunakan. Ambil satu buah bawang merah dan bersihkan kulit arinya lalu cacah secara halus dan tambahkan beberapa bagian minyak kayu putih ataupun minyak telon. Perhatikan untuk tidak mencacah bawang merah sampai halus dan hanya tambahkan sedikit minyak hanya untuk membantu mempermudah penggunaannya saja dan menghindari konidis iritasi akibat bawang merah.

  2. Baringkan anak dalam kondisi yang nyaman

    Setelah campuran siap untuk digunakan, atur posisi anak dalam keadaan berbaring dan dengan kondisi yang nyaman. Lepas baju dan biarkan anak dalam keadaan tanpa baju untuk mempermudah penggunaan bawang merah ke bagian leher dan dada si anak tersebut. Agar lebih mudah usahakan anak dalam kondisi yang tertidur telebih dahulu.

  1. Oleskan campuran bawang merah

    Setelah semua persiapan sudah dilakukan maka selanjutnya adalah mengoleskan bawang merah yang sudah dicampur dengan minyak pada langkah pertama tersebut ke bagian leher, punggung dan dada anak. Usapkan secara perlahan agar tidak mengiritasi dan beri sedikit pijatan pada anak untuk memberikan kenyamanan dalam proses pengolesan campuran bawang merah tersebut. Perhatikan untuk tidak mengoleskan bawang merah ke bagian yang berbahaya seperti perbatasan mulut dan hidung, mata, dan telinga karena dapat menyebabkan rasa panas yang menyakitkan bagi anak.

  1. Biarkan beberapa saat

    Setelah bawang merah teraplikasikan pada bagian yang benar dari tubuh anak tersebut maka diamkan beberapa saat agar bawang merah dapat berkerja untuk menurunkan pada pada si kecil yang sangan menganggu dan menimbulkan kondisi yang sangat tidak nyaman. Pembiaran sebaiknya dilakukan dalam kondisi anak tertidur agar bawang merah yang menempel tidak mengenai bagian tangan yang kemudian bisa teroleskan pada mulut, mata, dan bagian lain yang menimbulkan rasa panas. Bersihkan jika dirasa sudah cukup dan anak dalam kondisi bangun dari.