Cara Menjaga Kesehatan Anak Yang Paling Sederhana

Anak memang lebih mudah terkena penyakit dibandingkan orang tuanya. Salah satu penyebabnya ialah kurangnya pemahaman orang tua pada anak untuk menjaga kesehatannya. Sebagai contoh seorang anak tetap merasa nyaman bermain dengan teman atau saudaranya yang sedang sakit. seorang anak tetap suka minum es walaupun ia sedang tidak sehat. Oleh sebab itu sebagai orang tua kita harus pandai-pandai menjaga kesehatan buah hati kita agar tidak mudah terserang penyakit.

Untuk menjaga kesehatan anak sebenarnya tidaklah susah (kalau dibandingkan dengan merawat disaat ia sakit). Berikut ini beberapa langkah sederhana yang dapat anda lakukan untuk menjaga agar si kecil kuat menghadapi serangan penyakit.

  1. Makanan Bergizi Yang Cukup

Cara Menjaga Kesehatan Anak Yang Paling Sederhana

Makanan bergizi tidak harus mahal. Nasi ditambah dengan sayuran yang masih segar (bukan sayuran kemarin yang sudah dipanaskan) sudah cukup dianggap sebagai makanan bergizi. Biasakan si kecil agar suka makan sayur agar tubuhnya tetap sehat. Berbagai sayuran mampu menyediakan vitamin, berbagai zat yang baik dan dibutuhkan oleh tubuh.

  1. Biasakan Makan Buah

Hampir semua jenis buah memiliki nilai gizi yang baik untuk anak. Buah-buahan tersebut tidak harus mahal, misalnya buah pisang, jeruk, apel, sudah sangat baik bagi kesehatan anak. Bila anak kurang suka makan buah maka hidangkan buah tersebut dalam bentuk jus. Bila tidak memiliki alat untuk membuat jus maka parut saja buah tersebut dan ambil air/sarinya saja. Sebagai catatan buah yang mudah dikunyah seperti pisang dan papaya bisa diberikan secara langsung, sementara jeruk sebaiknya diperas saja.

  1. Istirahat Yang Cukup

Cara Menjaga Kesehatan Anak Yang Paling Sederhana

Seorang anak kecil masih harus memiliki waktu tidur siang dan malam. Biasakan tidur siang minimal 1 jam dan tidur malam minimal 8 jam. Dengan waktu istirahat yang cukup, tubuh dapat kembali memperbaiki dirinya dan melawan segala gangguan penyakit yang masuk ke dalam tubuh. Anak yang kurang tidur biasanya rewel dan mudah sakit.

  1. Madu Untuk Anak

Khasiat madu sebagai obat alami untuk menjaga kesehatan memang telah terbukti. Pemberian madu secara rutin kepada anak akan membuat anak lebih sehat dan tahan terhadap serangan penyakit. Madu anak juga aman bila dikonsumsi oleh anak dan tidak memiliki efek samping.

  1. Bersihkan Kamar Anak

Secara periodic bersihkan kamar si kecil. Ganti sprei dan sarung bantal guling minimal seminggu sekali dan bersihkan kamarnya dari benda yang tidak berguna. Sapu lantainya sehari dua kali dan pel lantainya dua kali seminggu. Dengan demikian kamar si kecil akan tetap birsih sehingga terbebas dari bakteri.

  1. Membuat Anak Senang

Terus menerus mengurung si kecil di rumah (sekalipun disediakan berbagai macam mainan) akan membuat anak bosan. Ajaklah si kecil jalan-jalan keluar rumah agar hatinya senang. Menyenangkan anak tidak harus mengeluarkan biaya mahal, ajak anak naik motor te tempat yang ramai seperti tempat bermain anak, taman dan lain-lain akan membuat hatinya berbunga-bunga. Pikiran bahagia secara tidak langsung juga akan membuat si kecil lebih sehat.

  1. Jangan Melindungi Terus

Membiarkan anak bermain tanah atau air akan membuat tubuhnya mengenal berbagai macam kuman, virus, atau bakteri. Dari pengenalan itulah tubuh akhirnya mampu menghasilkan antibody untuk melawan kuman, virus, atau bakteri tersebut. Dengan demikian anak tidak akan mudah sakit. Hal ini berbeda dengan anak yang selalu dijaga terus. Tubuhnya tidak mampu melawan jika ada penyakit datang karena tidak pernah berkenalan dengan sumber penyakit.

  1. Ajak Berolahraga

Cara Menjaga Kesehatan Anak Yang Paling Sederhana

Olahraga juga merupakan salah satu cara menjaga kesehatan anak secara alami. Untuk itu, ajarkan anak tentang olahraga sejak dini. Pentingnya menjaga kesehatan tubuh dimulai dari keteraturan olah tubuh yang sudah dibiasakan sedari kecil.

  1. Mandi Dan Cuci Tangan Secara Teratur

Mandi minimal 2 kali sehari dapat menjaga kebersihan dan kesegaran kulit si kecil. Dengan mandi, keringan dan kotoran di tubuh dibersihkan sehingga pori-pori kulitnya terbuka dan si kecilpun merasa segar. Sementara itu, cuci tangan dapat membantu mengurangi resiko masuknya bakteri dan virus ke dalam tubuh mengingat tangan sangat mudah dihinggapi kuman. Ajari si kecil cara mencuci tangan yang benar, yaitu dengan menggunakan sabun dan menggosoknya sampai ke sela jari-jari selama setidaknya 10-20 detik.

Itulah tadi beberapa cara menjaga kesehatan anak secara sederhana yang dapat anda lakukan di rumah. Dalam menjaga anak sebaiknya anda tidak usah selalu negurungnya di rumah atau melarang anak bermain tanah, selagi itu masih wajar saja maka biarkan anak bermain tanah, tetapi anda harus tetap mengawasinya.