Cara Menjaga Kesehatan Anak Agar Tidak Mudah Sakit

Kesehatan anak adalah hal penting yang harus dijaga agar pertumbuhan anak menjadi optimal. Penyebab paling umum yang dapat menyebabkan anak sakit adalah akteri dan virus, Hal inilah yang menjadi perhatian khusus oleh orang tua,  Anak rentan terkena penyakit ketika usia 0-2 tahun memang akan lebih serimng terserang virus kareana daya tahan tubuh anak yang masih lemah. Terutama bayi baru lahir.

Cara Menjaga Kesehatan Anak Agar Tidak Mudah Sakit

Oleh karena itu, anda harus benar-benar mejaga kebersihan dari segala macam sapek mulai dari diri anak, merawat anak, dan kebersihan lingkungan sekitar anda.  Perlu anda ketahui bahwa kuman seperti virus flu  mudah menular dengan mudah.

Lantas.. Bagaimana cara menjaga kesehatan anak agar selalu sehat dan tidak mudah sakit.

Hal utama yang harus anda lakukan adalah melindungi anak dari kuman, bakteri dan virus. Kuman merupakan penyebab yang membuat sistem kekebalan tubuh anak bekurang, namun ada juga kuman yang menyebabkan anak daya tahan tubuh anak meningkat, ketika kuman berintraksi dengan virus, sistem kekbalan tubuh bisanya akan terbentuk untuk mempertahanlan diri, kemudian. Pada saat anak terkene kontak lagi dengan mikroorganisme tertntu, sel-sel kekebalan tubuh sudah siap melawan tanpa anak merasakan sakit terlebih dahulu.

Cara Menghindari Anak Dari Kuman-Kuman

Berikut cara menjaga agar anak terhindar dari bakteri dan virus:

  • Jaga kebersihan anak

Menjaga kebersihan anak dapat dengan rajin cuci tangan sebelum makan atau sebelum memasukan sesuatu kedalam mulut anak.  Dengan mencuci tangan  makan diharapkan bakteri dalam tangan dapat hilang dan tidak berpindah kedalam tubuh anak. Kebiasaan cuci tangan sebelum makan juga sebaiknya dibiasakan pada anak sejak usia dini.

  • Jaga kebersihan lingkungan

Menjaga kebersihan di setiap sudut rumah, karena sebagian besar waktu anak Anda dihabiskan di dalam rumah. Jadi, bakteri yang ada di dalam rumah harus dapat Anda atasi dengan rajin membersihkan rumah, serta jangan memasukkan sandal atau sepatu dari luar ke dalam rumah.

  • Jaga makanan dan asupan gizi anak

Memberikan makanan harus dijaga dan tidak sembarangan, pastikan Anda memberikan makanan yang tidak berbahaya untuk anak dan berikan makanan sesuai dengan usia anak. Selain itu penuhi gizi anak dengan makanan yang bergizi untuk meningkatkan kekebalan tubuh anak.

  • Imunasisi anak

Lakukan imunisasi sesaui dengan jadwa yang diberikan oleh dokter anak Anda. Imunasasi merupakan hal penting yang harus dilakukan oleh orang tua.