Cara Mengatasi Anak Susah Makan Dan Minum Susu

Cara Mengatasi Anak Susah Makan Dan Minum Susu

Usia Sikecil yang semakin hari semakin bertambah tentunya juga memerlukan asupan nutrisi dan makanan yang bertambah.  Namun proses ini tidak mudah dalam memberikan asupan makanan utnuk anak terkadang anak-anak mengalami kesulitan untuk makan ataupun minum susu sehingga membuat orang tua khawatir dengan pemnuhan nutrisi bagi kehidupan perkembangannya.

Cara Mengatasi Anak Susah Makan Dan Minum Susu

Sebelum bunda mengatahui bagaimana caranya mengatasi anak susah makan dan minum susu pastikan bunda mengenali beberapa penyebab yang dapat mempengaruhi anak tak mau makana dan minum susu. Berikut beberapa penyebab yang dapat akmi rangkumkan untuk bunda.

  1. Ganggaun Pencernaan Anak
    Anak bisa saja menolak makanan atau minumanya yang dikonsumisnya dapat disebabkan karena adanya gangguan kesehatan pada sistem pencernaan anak.
  2. Alergi Terhadap Makanan
    Alergi makanan adalah salah satu penyebab yang banyak dialami anak-anak, Alergi makanan harus diatasi dengan tim dokter atau ahli gizi. Penyebab tersebut tentunya sangat berpengaruh terhadap kondisi anak-anak
  3. Kondisi Makanan Tertentu
    Penyebab anak susah makan selanjutnya adalah pada makanan, makanan yang tidak disukai anak-anak tentunya sangat berpengaruh, seperti kondisi makanan yang tidak selara anak dari segi rasa, jenis, dan penampilan makanan yang tidak menarik.
  4. Kapasitas Lambung Anak
    Anak menolak makan atau belum mengahabiskan makanan yang dikonsumsinya tentunya dapat disebabkan karena anak sudah kenyang. Hal ini diakibatkan karena kapasita lambung anak yang kecil sehingga anak mudah cepat kenyang.

Itulah beberapa penyabab anak menolak makan dan minum susu. Lantas bagaimana cara  mengatasinya. Agar anak mudah makan dan memiliki nafsu makan yang tinggi.  Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengembalikan nafsu makan anak.

  • Berikan makanan atau minuman selagi anak menginginkannya, kapanpun dan jagan memberikan penolakan.
  • Buat suasana makana anak menjadi menyenangkan dan jangan memaksa makan anak agar tidak trauma.
  • Lakukan pergantian alat makan atau lokasi makan dan berikam makanan pada saat ia benar-benar lapar untuk membuat susasana makan yang lebih baik.
  • Suapin anak-anak secara perlahan dan biarkan setiap suap makanan ditelan sebelum bunda memberikan suapan selanjtunya.
  • Biarkan anak mengkonsumis makanan sendiri sehingga ia dapat merasakn berbagai macam rasa makanan dan bunda jangan khawatir jika anak akan menjadi kotor